Thursday, July 14, 2011

Planet Mirip Bumi

 

Kemungkinan ditemukannya kehidupan makhluk asing (alien) semakin memberi harapan setelah terungkapnya salah satu dalam dua bintang pada alam semesta memiliki sejumlah planet mirip Bumi yang mengorbit di sekitarnya..
Berita tersebut datang dari ilmuwan NASA yang sedang meneliti hasil dari teleskop Kepler untuk pertama kalinya selama dua tahun di ruang angkasa. Mereka telah menemukan bukti lebih dari 1.200 planet dalam orbit di sekitar bintang-bintang jauh.
Temuan awal menunjukkan, ada tiga planet yang dikenali di luar tata surya kita—54 diantaranya seukuran Bumi dalam zona layak huni dari matahari mereka.
Dua planet berpotensi layak huni sebelumnya telah ditemukan di luar tata surya Bumi, sehingga para ilmuwan Kepler sangat bersemangat untuk menemukan lebih banyak planet-planet lain..
Berbicara pada Asosiasi Amerika Untuk Kemajuan Ilmu Pengetahuan, Kepala ilmuwan Kepler, William Borucki mengatakan, “Saya sangat senang dapat melihat begitu banyak bakal planet dan itu berarti di sana terdapat banyak planet yang kaya samudera untuk dijelajahi.”
“Untuk setiap dua bintang kita melihat sebuah bakal planet.”
Langkah berikut yang perlu dilakukan adalah mengirim teleskop baru untuk melihat atmosfir dari planet-planet tersebut, yang jaraknya antara 30 dan 100 tahun cahaya, apakah layak bagi kehidupan.
Seperti dilaporkan Telegraph, ini merupakan langkah besar untuk membuktikan bahwa sebuah planet dapat dikonfirmasi telah layak mendukung kehidupan secara mendasar, seperti komposisi, suhu dan jarak dari bintangnya.
Teleskop untuk mendeteksi aspek yang lebih layak huni, seperti kondisi atmosfir, keberadaan air dan karbon belum dibangun.
sumber: http://babesajabu.wordpress.com/2011/03/23/penemuan-planet-mirip-bumi-yakinkan-keberadaan-alien/